Suban ( 30 November 2008 )

06:00 Goeser RAKATA mulai berdatangan di lapangan Saburai

06:39 Setelah sarapan Bubur kacang ijo, persiapan dilanjutkan dengan sedikit sosialisasi pada beberapa personel untuk rute hari ini ke Suban. Memang hari ini agaknya berangkat agak siang. Beberapa anggota senior aktif tampaknya silih bergantian bolos goesnya. Peserta yang berangkat dari saburai ada 12 Orang.

06:51 sedang meluncur turun di daerah Garuntang. Cuaca pagi ini cerah.

07:02 berbelok di pertigaan panjang, di sana bergabung 4 rekan yang memang janjian untuk bertemu disana, beberapa peserta sempat belanja nasi uduk perbekalan sarapan untuk nanjak.

07:13 menyeberangi rel langsung nanjak lewat jalan aspal kearah suban.

07:16 berbelok kekanan melalui jalan yang sudah lama tidak digunakan. Jalan ini sebenarnya cukup besar dan sudah pernah diaspal, namun karena tidak pernah dilewati dan juga drainase nya jelek, jalan menjadi tergerus air dan banyak ditumbuhi rumput sehingga jalan yang tersisa tinggal jalan setapak saja.

Perjalanan sungguh berat. tanjakan 30 sampai 40 derajat tanpa putus membuat nafas berat, terpaksa deh tanjakan ini ditempuh dengan sebagian besar TTB.

Sempat beberapa kali berhenti untuk ambil nafas. teler juga euy, tanjakannya berbatu-baru lepas lengkap dengan jalur-jalur air yang membuat jalan yang ada sulit sekali dilalui tanpa TTB. Naik saja sulit, bagaimana kalau turun lewat jalan ini, bisa-bisa tuntun juga sampai kebawah.

07:39 sampai dilokasi yang agak datar. ditepiannya ada ladang tempat sedikit orang berladang. Hebatnya bapak yang mengurus ladang ini umurnya sudah mencapai 100 tahun, tapi masih kuat macul ladangnya untuk menanam singkong.

Pak Yan ternyata menyusul naik juga. dibimbing melalui phone kemudian ditunggu rekan Sutri. sampai juga diatas lapangan ini.

Sesudah lapangan ini jalan sudah mulai manusiawi walaupun masih ada tanjakan yang terpaksa bikin TTB kita lagi.

Dilapangan ini sebagian peserta sempat diambil fotonya dengan berlatar belakang pelabuhan peti kemas panjang.

08:06 mulai bergerak lagi dari lapangan melanjutkan rute explore yang masih lumayan tanjakannya.

08:17 sampai di pertigaan jalan tanah yang sebentar lagi akan jadi jalan beraspal. dibeberapa tempat terlihat pekerjaan penyusunan batu pecah untuk badan jalan. Dijalan ini kendaraan ojeg sudah mulai banyak.

08:21 Sampai pertigaan jalan aspal, belok kekiri menuju persimpangan Batu Suluh.

08:25 Sampai di Warung dekat pertigaan batu suluh. disana rombongan berhenti untuk makan sarapan paginya dan juga beli tambahan air minum langsung dari galonan nya.

08:56 mulai bergerak lagi menuju lokasi pemotongan hewan. Jalannya sudah aspal dan mulus, bisa dipakai kecepatan agak tinggi.

09:03 sampai di jalan Sutami, sempat juga agak sulit mencari jalan tembus yang menuju lereng Gunung Balau. jadi sementara sedikit menyusuri Jl aspal ini dulu.

09:07 Tidak lama, ketemu deh jalan pintas yang menuju belakang kompleks industri. langsung saja rute dibelokkan disitu langsung kearah G Balau.

Jalan Single track tanah, berlanjut dengan jalan paving dan jalan aspal lama.

Menyusuri jalan Aspal, melewati beberapa perkampungan

09:22 Sampai di pertigaan jalan Pangeran Tirtayasa. berhenti sebentar ada tontonan proyek pemasangan kabel fiber optik. yang langsung pakai gulungan besar.

09:30 sampai dipertigaan Rya Kudu, belok kiri masuk Jalan Rya Kudu.

09:39 sampai di perempatan By Pass Sukarno Hatta. antri untuk nyeberang.

09:42 belok kiri masuk jalan Hayam Wuruk. beberapa peserta yang kearah Antasari berpisah disini.

09:47 belok kanan masih di Jl Hayam wuruk.

09:49 Sampai diperempatan Ridwan Rais, lurus saja langsung kearah Pasar Tugu.

09:53 belok kiri ke Jl St Slamet kemudian kekanan Jl Dr Harun Belok lagi kekiri menuju BPK Penabur.

09:58 melewati depan BPK Penabur. belok kiri menuju Rel KA dan Jl Gajah Mada. Peserta yang kearah teluk lurus saja melalui stadion dan turunan Damri, yg ke Karang belok kanan via Brimob langung lurus terus sampai GOR Saburai.

Weh saya sempet bocor ban 2 kali tapi untung sudah dekat rumah, jadi bisa dituntun saja samapi rumah.

Ok episode selesai. sampai jumpa dilain episodenya.

Cuaca : Cerah

Jumlah Peserta : 17 Orang

Distance PP : 30.2 km

Insiden : nihil kecuali sepeda penulisnya bocor bannya 2 kali lagi.